Simpang Siur Terkait KIP dan PMB, Universitas Pahlawan Tegaskan Mekanisme Penerimaan Sudah Sesuai Prosedur dan Transparan

Simpang Siur Terkait KIP dan PMB, Universitas Pahlawan Tegaskan Mekanisme Penerimaan Sudah Sesuai Prosedur dan Transparan

Kampar - Menanggapi berita simpang siur tentang Universitas Pahlawan (UP) terkait seleksi KIP dan penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun ajaran 2023/2024. Seluruh jalur PMB Universitas Pahlawan, pendaftar berkesempatan mengikuti seleksi KIP, Sabtu, 2 September 2023.

"Kita perjelas untuk alur seleksi KIP ini. Pertama yang ingin kita sampaikan, sama dengan Universitas lainnya, kita hanya bisa mencalonkan nama mahasiswa yang benar-benar sudah mendaftar di sistem PMB jika ingin mengikuti seleksi kip." Tutur Ns. Apriza, M.Kep., selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan.

Kedua beliau mengklarifikasi bahwa terhitung sebanyak 498 pendaftar di sistem PMB UP hanya lulus sebanyak 47 orang berdasarkan nilai tertinggi dalam seleksi tes potensi akademik dan tes wawancara serta dipertegas dengan survei rumah. Hasil ini memperlihatkan transparansi Universitas Pahlawan dalam proses seleksi.

Selanjutnya, Beliau juga menyampaikan terkait pendaftaran. Sama dengan Universitas lainnya di Indonesia, setiap pendaftar yang saat ini diwajibkan mendaftar online di pmb.universitaspahlawan.ac.id , hanya bisa mengisi formulir lengkap jika sudah melakukan pembayaran pendaftaran 250 ribu rupiah, sesuai rata-rata biaya pendaftaran di Perguruan Tinggi.

"Memang tahun ini jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kuota KIP di hampir semua Universitas mengalami penurunan. Tahun lalu Universitas Pahlawan mendapat kuota sebanyak 180 orang, di tahun ini hanya 47 orang, dan sudah di alokasikan untuk mahasiswa yang lulus seleksi dengan nilai tertinggi di prodi masing-masing, karena kuota juga di bagi ke setiap prodi secara merata." Tambah Beliau.

Bersamaan dengan keterangan tersebut, Lira Mufti Azzahri Isnaeni, MKKK., selaku Sekretaris Badan Pelayanan dan Informasi (BPI) juga menyampaikan klarifikasi terhadap berita yang tidak sesuai dengan apa yang disampaikan terkait Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2023 di Universitas Pahlawan. Tahun ini PKKMB Universitas Pahlawan dilaksanakan sesuai kalender akademik 14-16 Agustus 2023, dan kebetulan jadwal ini tidak dapat menunggu jadwal keluarnya kuota KIP kuliah yang tahun ini di informasikan tanggal 22 Agustus 2023.

"Terkait PKKMB 2023, Universitas Pahlawan memberikan 2 pilihan kepada Calon Mahasiswa (Cama) yang belum membayar lunas untuk mendapatkan kemudahan. Pertama, Cama yang belum membayar uang semester 1 dapat membayar minimal 500 ribu untuk bisa mengikuti PKKMB, dan yang belum membayar dapat mengikuti PKKMB susulan ditahun berikutnya." Tutur Lira Mufti Azzahri Isnaeni, MKKK., selaku Sekretaris Badan Pelayanan dan Informasi (BPI).

Mengingat sertifikat PKKMB ini adalah salah satu syarat untuk melengkapi dokumen wisuda di Universitas. Beliau juga menyampaikan bahwa Universitas Pahlawan juga memberikan kemudahan dalam proses pembayaran.

"Universitas Pahlawan juga menimbang bagi yang belum bisa membayar uang kuliah dengan satu kali bayar, maka bisa membayar dengan skema cicilan. Mahasiswa bisa membayar uang kuliah dengan membagi 5 total uang semester agar bisa di lunasi sebelum masuk semester 2."tutupnya.

Berita Lainnya

Index