Demi Tingkatkan Potensi PAD, PLT Bupati Kuansing Hadiri HUT Otonomi Daerah di Makasar

Demi Tingkatkan Potensi PAD, PLT Bupati Kuansing Hadiri HUT Otonomi Daerah di Makasar
PLT Bupati Kuansing, Drs. H. Suhardiman Amby, MM Hadiri Hut Otda di Makasar (Sabtu, 29 April 2023)

Makasar - Plt Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Suhardiman Amby, Ak., MM hadiri Hut Otonomi Daerah (Otda) ke 27 di Makasar, Sabtu 29/04/2023 pagi.

H. Suhardiman sampaikan melalui pesan singkatnya kepada Kabid Komunikasi Kominfoss Hevi Heri Antoni, S. Sos., M.Si, bahwa tujuan Otonomi Daerah sebagian kewenangan Pemerintahan Pusat diserahkan kepada Daerah, dengan tujuan  sejatinya untuk mencapai kemandirian dengan menggali sebagian potensi sumber daya yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah serta memacu terjadinya percepatan pemerataan pembangunan terutama di Kuansing.

"Tentunya kita berharap kapasitas daerah akan terlihat dari seberapa berkualitas pelayanan publik yang pada akhirnya menjadi instrumen yang baik untuk menghadirkan kepuasan masyarakat,” imbuhnya.

Tambahnya sesuai dengan Visi Misi Kabupaten Kuantan Singingi yaitu Kuansing Bermarwah, salah satunya adalah 'Maju', hal tersebut termaktub dalam tujuan Otda itu sendiri, bahwa pembangunan daerah Kabupaten Kuansing untuk menciptakan pertumbuhan dan perkembangan pembangunan masa depan Daerah.

Sambungnya hal dibutuhkan kualitas sumberdaya manusia yang memiliki daya saing. Tentunya harus sesuai dengan tema yang diusung Otonomi Daerah dalam Rangka Mewujudkan Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul.

Sementara Dirjen Otonomi Daerah RI Akmal Malik, menekankan pentingnya meningkatkan kapasitas daerah melalui inovasi. Kata dia, setiap daerah memiliki kualitas otonomi berbeda yang dapat dibangun lewat inovasi.

“Kapasitas tiap daerah berbeda, sehingga tidak bisa kita menjadikan parameter secara umum bagaimana suatu kualitas otonomi daerah,” ucap Akmal Malik.

Lanjutnya, dalam peningkatan kapasitas otonomi daerah tentunya perlu dukungan kelembagaan yang baik. Dalam hal ini, Akmal malik menekankan penguatan kinerja SDM.

HUT Otda dihadiri sebanyak 600 Orang Kepala Daerah Se Indonesia, dan Plt Bupati H. Suhardiman didampingi sejumlah Kadis dan Kepala Bagian terkait.

Berita Lainnya

Index