Ribuan Warga Padati Tepian Muko Lobua, PLT Bupati Suhardiman Amby : Perahu Begandung Harus Bisa Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

Ribuan Warga Padati Tepian Muko Lobua, PLT Bupati Suhardiman Amby : Perahu Begandung Harus Bisa Bangkitkan Ekonomi Masyarakat
PLT Bupati Kuansing Drs. H. Suhardiman Amby, MM Didampingi Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito dan Kadisbud Riau Yose Rizal Zein Hadiri Festival Perahu Baganduang di Tepian Muko Lobua Lubuk Jambi (25 April 2023)

Lubuk Jambi - Ribuan warga dari dalam dan luar kota, serta warga tempatan membanjiri Tepian Muko Lobua Lubuk Jambi Kecamatan Kuantan Mudik. Mereka menyaksikan prosesi Menjopuik Limau dan Perahu Begandung, Selasa 25/4/23.

Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby didampingi Kapolres, AKBP Pangucap Priyo Soegito bersama Para Pemangku Adat Lubuk Jambi mengikuti prosesi Manjopuik Limau dan Hilir bersama Perahu Begandung yang ada.

Usai acara Datuk Panglimo Dalam, mengapresiasi pelaksanaan Perahu Begandung ini, yang merupakan budaya Kuantan Singingi yang unik dan menarik.

"Animo masyarakat yang cukup tinggi untuk menyaksikan pesta budaya ini, harus disikapi secara arif, hingga mampu meningkatkan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Tambahnya, penonton tahun ini sangat jauh lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Mungkin bisa mencapai 200 persen peningkatannya.

"Saya minta semua stakeholder terkait, berperan untuk memberdayakan ekonomi masyarakat," pungkasnya.

Sementara Gubernur Riau, diwakili Kadis Kebudayaan Dan Pariwisata, Yoserizal Zein sangat menaruh atensi terhadap budaya Perahu Begandung ini. Ini memang unik dan menarik, karena itu kita akan berkolaborasi bersama Pemkab Kuansing untuk memajukan dan melestarikan budaya ini.

Berita Lainnya

Index