10 Tempat Wisata di Rokan Hilir yang Wajib Dikunjungi, Berikut Daftarnya

10 Tempat Wisata di Rokan Hilir yang Wajib Dikunjungi, Berikut Daftarnya
Pulau Jemur

Rokan Hilir adalah sebuah wilayah kabupaten yang terletak di Provinsi Riau, Indonesia. Ibu kotanya adalah Bagansiapiapi. Rokan Hilir merupakan kota bersejarah, dan pernah dikenal sebagai penghasil ikan terbesar di Indonesia.

Ada banyak sekali ragam destinasi wisata yang bisa  dikunjungi dengan keindahan alam yang eksotis serta budaya yang kental. Pastinya dapat menambah kesan mendalam untuk para pengunjungnya.

Berikut tempat wisata yang bisa dikunjungi selama berada di Rokan Hilir, yakni:

1. Pulau Jemur

Pulau Jemur adalah salah satu Objek Wisata di Provinsi Riau, tepatnya di Kabupaten Rokan Hilir. Objek Wisata ini cukup populer, keindahan alam di Pulau ini tidak bisa dianggap sepele. Pulau Jemur memiliki Pemandangan dan Panorama alam yang indah, selain itu Pulau Jemur ini amat kaya dengan hasil lautnya. Pulau Jemur dihuni oleh Spesies Penyu, dimana pada musim tertentu penyu-penyu itu naik ke pantai untuk bertelur, satwa langka ini dapat bertelur sebanyak 100 sampai 150 butir setiap ekornya. Selain itu Pulau Jemur juga terdapat beberapa potensi wisata lain diantaranya adalah Goa Jepang, Menara Suar, bekas tapak kaki manusia, perigi tulang, sisa-sisa pertahanan Jepang, batu Panglima Layar, Taman Laut, dan pantai berpasir kuning emas.

Nama Pulau Jemur lekat dengan istilah ‘Pak-ku’ yang dalam bahasa Hokkian berarti penyu dari utara. Istilah ‘Pak-ku’ hingga kini masih sering digunakan oleh para nelayan pesisir Riau. Pulau Jemur terletak lebih kurang 45 mil dari Ibukota Kabupaten Rokan Hilir, Bagansiapiapi, dan 45 mil dari Negara Tetangga yakni, Malaysia, dan Provinsi Sumatera Utara merupakan Provinsi yang terdekat dari Pulau Jemur. Pulau Jemur sebenarnya merupakan gugusan pulau-pulau yang terdiri dari beberapa buah pulau antara lain, Pulau Tekong Emas, Pulau Tekong Simbang, Pulau Labuhan Bilik serta pulau-pulau kecil lainnya.

 

2. Pulau Tilan

Wisata pulau Tilan merupakan destinasi wisata yang satu-satunya di provinsi Riau di kelilingi oleh sungai yaitu sungai Rokan. Nama dari pulau Tilan sendiri memiliki 2 versi menurut cerita turun - temurun dari orang tua zaman dahulu. Pertama, dinamakan pulau Tilan dikarenakan pada zaman dahulu ikan Tilan di sungai rokan sangat banyak, tepatnya di Desa Rantau Bais ini, selain banyak ikan Tilan nya juga besar-besar ikannya. inilah yang membentuk pulau Tilan itu sendiri. Kedua, Nama pulau Tilan ini diambil dari singkatan Tanah Ikatan Lembaga Adat Ninik Mamak. Tanah ini tidak dibenarkan untuk dimiliki secara individu, lebih tepatnya tidak ada hak milik. Melainkan hanya ada hak pakai. Jadi setiap masyarakat boleh memanfaatkan tanah dipulau ini untuk meninggkatkan kesejahteraannya namun dengan catatan tidak boleh melanggar aturan adat yang ditetapkan oleh Ninik Mamak Suku Nan Tujuh. Pulau Tilan merupakan taman rekreasi dan area bermain.

 

3. Rantau Bais Nan Asri

Desa Rantau Bais dikenal sebagai desa yang masih asri dan belum banyak terpapar dengan budaya asing. Desa ini memiliki budaya dan adat istiadat yang unik. Ketika wisatawan berkunjung ke Desa, mereka dapat menemukan rumah tua dengan arsitektur melayu. Karena berhadapan dengan pulau Tilan, pemandangan di sekitar desa nampak indah dan mempesona.

Berkunjung ke Desa Rantau Bais bisa menjadi pilihan wisata edukasi untuk mengenalkan diri sendiri, keluarga, teman dan kerabat dengan budaya asli dari salah satu Daerah di Indonesia. Wisata mengenal adat dan budaya lokal akan mengajarkan rasa toleransi pada keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Bonus wisata disini pemadangan indah laut pulau Tilan.

 

4. Sinaboi

Bila ingin menikmati pemandangan dan kebudayaan dengan masyarakat tepi laut, Sinaboi bisa jadi tempat yang tepat untukmu, Sinaboi sendiri merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Rokan Hilir yang letaknya tak jauh dari Kota Dumai.

Saat berkunjung ke Sinaboi, kamu akan menemukan suasana khas pelabuhan dengan deretan kapal dan rumah penduduk yang dibangun di atas permukaan laut. Selain itu, tempat ini juga dikenal sebagai kawasan pecinan. Karenanya, kamu akan banyak menemukan simbol-simbol berbahasa Tionghoa serta dapat menikmati pertunjukan seni khas masyarakat Tionghoa.

 

5. Danau Napangga

Danau Napangga menjadi salah satu lokasi wisata di Rokan Hilir yang memiliki pemandangan alam menarik. Air tenang yang dimiliki oleh danau tersebut membuat wisatawan tergiur untuk menghabiskanwaktu disana. Memiliki nilai sejarah yang tinggi, Danau Napangga dikenal sebagai lokasi pesinggahan para raja di zaman dahulu.

Wisatawan bisa naik perahu unik yang sudah dihias untuk berkeliling dan menikmati keindahan danau Napangga dari berbagai sudut dengan menyenangkan.
Danau Napangga merupakan tempat hidup ikan arwana yang berharga mahal.

Di dekat danau, wisatawan dapat menemukan suku asli Rokan Hilir. Suku tersebut dikenal dengan nama suku Bonai. Karena jalan menuju lokasi wisata telah diaspal, wisatawan tidak akan kesulitan ketika akan berkunjung ke Danau Napangga.

 

6. Bono Sungai Rokan

Objek wisata menarik lainnya yang berada di Rokan Hilir adalah Bono Sungai Rokan. Lokasi wisata ini dikenal memiliki ombak berukuran besar. Hal tersebut dapat terjadi lantaran ombak sungai yang bercampur dengan gelombang laut. Gelombang laut nantinya akan terhempas ke bibir sungai dan menghasilkan pemandangan yang menarik.

 

7. Panipahan

Keindahan alam Desa yang masih asri mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat tersebut. Hal ini pula yang menyebabkan Panipahan menjadi tujuan wisatawan lokal yang ingin mengetahui keindahan alam Desa Panipahan. Di tempat ini, wisatawan dapat menemukan bagaimana kehidupan sehari-hari para nelayan. Panipahan menjadi desa dimana nelayan-nelayan tinggal.

Wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburannya di Panipahan sebaiknya datang ketika sore hari. Pada saat itu, wisatawan dapat menemukan kedai kopi, kafe, tempat karaoke dan alun-alun yang ramai. Suasana yang menghibur dapat datang dengan sendirinya ketika wisatawan datang ketika senja hari.

 

8. Pulau Barkley

Merupakan Pulau yang tidak berpenghuni menjadi tempat wisata yang unik dan menarik. Karena tidak berpenghuni, wisatawan akan merasakan suasana damai ketika berkunjung ke pulau tersebut. Rasa lelah dan penat akibat banyaknya pekerjaan dapat hilang ketika mereka berlibur ke pulau Barkey.

Selain belum dihuni oleh menusia, pulau Barkey memiliki panorama alam yang menarik. Pantai dengan pasir putih menjadi salah satu pesona yang dimiliki oleh pulau Barley.

 Air laut yang jernih dapat membuat wisatawan menikmati keindahan alam bawah laut dengan jelas. Wisatawan bahkan dapat menghabiskan waktunya untuk bermain dan olahraga air di pulau Barkey karena hempasan ombak laut yang berukuran kecil.

 

9. Masjid Al Ikhlas

Merupakan Destinasi wisata religi menjadi kebanggaan bagi masyarakat di Rokan Hilir. Bentuk bangunan yang unik disertai dengan fasilitas Islamic center merupakan pesona utama dari masjid ini. Masjid yang mempunyai menara besar ini, mempunyai taman dan kolam yang luas sehingga membuat suasana tampak asri.

 

10. Taman Kota Bagansiapiapi

Berbagai macam hiasan warna-warni membuat taman ini semakin lebih cantik dan menarik. Apalagi di sini juga disediakan fasilitas publik yang ramah pengunjung, terutama tempat bermain untuk anak-anak. Itulah yang membuat taman ini dijadikan tempat bersantai bersama keluarga atau teman.

Itulah 10 tempat wisata Rohil yang layak dikunjungi dan cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. (Advetorial Pemkab Rohil)

Berita Lainnya

Index