Nelayan Rohil Ditemukan Selamat Setelah Empat Hari Terombang Ambing Dilaut

Nelayan Rohil Ditemukan Selamat Setelah Empat Hari Terombang Ambing Dilaut
Seorang nelayan asal Kecamatan Sinaboi, Rokan Hilir atas nama Anto Butarbutar akhirnya ditemukan dalam kondisi selamat, Selasa (4/4/2023)

Rohil - Seorang nelayan asal Kecamatan Sinaboi, Rokan Hilir atas nama Anto Butarbutar akhirnya ditemukan dalam kondisi selamat, Selasa (4/4/2023) sekitar pukul 10.45 WIB. Anto sebelumnya sempat dinyatakan hilang sejak Sabtu (1/4/2023) saat pergi melaut.

Kepala Basarnas Pekanbaru, I Nyoman Sidakarya mengatakan, Anto ditemukan selamat setelah empat hari terombang ambing di laut.

"Anto Butarbutar ditemukan oleh Tim SAR Gabungan dalam keadaan selamat pada pukul 10.45 WIB. Korban ditemukan sejauh 22,99 NM arah utara dari lokasi kejadian dan langsung dievakuasi dan dibawa ke Bagansiapiapi," katanya.

Tambahnya, Anto yang sebelumnya berlayar menggunakan kapal boat seorang diri kehabisan BBM dan mengalami masalah pada mesin. Sehingga tidak bisa pulang ke daratan.

"Awalnya kehabisan BBM, ada trouble pada mesin kapal. Ditambah tidak adanya kompas atau alat navigasi, begitu juga alat komunikasi," ujarnya.

Dijelaskan I Nyoman,  berdasarkan keterangan saksi, pada Sabtu pagi, korban bersama tiga rekannya berangkat menggunakan kapal boat untuk memeriksa tiang bubu di perairan Sungai Nyamuk.

"Korban membawa boat sendiri karena rekannya yang biasa bersama korban terlambat datang. Sedangkan dua temannya yakni Rin dan Andoko menggunakan boat berbeda," terangnya.

Dikatakan Nyoman, biasanya pada pukul 12.00 WIB siang hari, mereka telah pulang. Namun pada Sabtu siang itu, yang pulang hanya Rin dan Andoko. Sedangkan Anto yang membawa boat seorang diri tidak kunjung pulang hingga Senin kemarin dan tidak bisa dihubungi.

Tim SAR Gabungan akhirnya menemukan korban dalam kondisi selamat beserta kapal boatnya yang dalam keadaan mati karena masalah mesin dan kehabisan BBM. Saat ini korban beserta kapal boat tersebut tengah dievakuasi dan dibawa ke Bagansiapiapi.

Berita Lainnya

Index