Disnakertrans Riau Sebut Rabu Depan Panggil PT. Serikat Putra Terkait Kecelakaan Kerja Buruh Panen

Disnakertrans Riau Sebut Rabu Depan Panggil PT. Serikat Putra Terkait Kecelakaan Kerja Buruh Panen
Kabid Pengawasan Ketenagakerjaan Disnakertrans Riau Riva Lino

Pelalawan - Upaya investigasi yang dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DISNAKERTRANS) Provinsi Riau terhadap PT Serikat Putra tetap berlanjut, meskipun lamban.

Menurut Kabid Wasnaker Rival Lino, proses demi proses tetap akan dilakukan, hal ini diungkapkanya melalui pesan whatsaap yang dikirimkan kepada Pijar Nasional, Jum'at (24/03/23).

Rival Lino mengirimkan hasil temuan sementara dilapangan yang didapatkan dari Usman yang ditugaskan untuk turun langsung melakukan investigasi setelah kejadian kecelakaan kerja tersebut.

"Laporan awal kejadian kecelakaan kerja buruh panen di blok J24 Desa Sialang Godang kecamatan Bandar Petalangan, kejadian tersebut terjadi pada Hari Sabtu, 18 Maret 2023 jam 11.20 WIB. Informasi baru diterima pada pukul 13.00 WIB tentang adanya kecelakaan kerja  di PT Serikat Putra," ujarnya.

Tambahnya kronologi kejadian tersebut bermula saat korban Sugiono (35) melakukan pemanenan buah sawit menggunakan alat Egrek sepanjang  ± 14 Meter dan tidak mengunakan Alat Pelindung Diri ( APD).  Jarak pohon sawit dengan Kabel Listrik ± 12 Meter. Pada saat melakukan panen buah sawit egrek yang digunakan oleh Sugiono tumbang dan mengenai kabel listrik, dan Sugiono tersengat aliran listrik.

Lanjutnya, kondisi korban dalam keadaan sadar dan stabil serta langsung dibawa ke klinik Pratama Perusahaan mengunakan ambulance Desa Sialang Godang, setiba di klinik Sugiono langsung ditangani oleh dokter Robi Nunut Nenggolan, setelah dilakukan pertolongan pertama kemudian Sugiono dirujuk kerumah sakit Prima Pekanbaru menggunakan mobil ambulan dengan didampingi oleh Dokter Klinik Perusahaan.

"Sugiono mengalami luka bakar dibagain telapak kaki kiri dan kanan, dan saat ini korban dalam keadaan sadar dan stabil di rumah sakit Prima Pekanbaru," jelasnya.

Dikatakan Rival Lino, timnya masih tetap melanjutkan investigasi meskipun kronologi kejadian telah didapat.

"Tim masih melanjutkan pemeriksaan PT Serikat Putra dengan mengacu pada ketentuan yang berlaku, Investigasi perlu proses agar sampai dengan tuntas ke akar masalahnya sehingga tidak terulang lagi kecelakaan kerja di PT Serikat Putra dan kita pasti kawal kasus ini," imbuhnya.

Terakhir Rival Lino mengabarkan bahwa Disnakertrans Provinsi Riau sudah menjadwalkan pemanggilan pihak PT Serikat Putra untuk hadir dikantornya di Pekanbaru.

"Perusahan akan dipanggil ke disnakertrans pada hari Rabu depan untuk diperiksa oleh tim independen, pemeriksaan ini bertujuan untuk penegakan hukum, kita percayakan kepada tim sehingga bisa bekerja secara maksimal. Hasil pemeriksaan akan kita sampaikan kepada media sesegera mungkin," tandasnya. RAP

Berita Lainnya

Index