Peringatan Hari Desa Asri di Pelalawan, Wapres Ma'ruf Amin: Menanam Pohon Itu Sebagian Dari Iman

Peringatan Hari Desa Asri di Pelalawan, Wapres Ma'ruf Amin: Menanam Pohon Itu Sebagian Dari Iman
Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin Buka Peringatan Hari Desa Asri di Desa Makmur Kabupaten Pelalawan (Senin, 20 Maret 2023)

Pelalawan - Peringatan Hari Desa Asri dipusatkan di kabupaten Pelalawan tepatnya didesa Makmur Kabupaten Pelalawan, kegiatan ini dibuka  oleh wakil presiden Republik Indonesia, Prof.Dr (HC) K.H Ma'ruf Amin, Senin ( 20/03).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Mentri desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi, Dr. Abdul Halim Iskandar  kementrian desa, Gubernur Riau, Syamsuar, Pangdam I Bukit Barisan Provinsi Riau, Kapolda Riau , bupati Pelalawan, H. Zukri, serta Bupati dan walikota se-provinsi Riau.

Selain itu acara ini juga dilaksanakan di17  titik se Indonesia dengan menanam 8 juta pohon secara serentak.

Gubernur Riau dalam sambutanya mengatakan ucapkan terima kasih karena telah menunjuk provinsi riau sebagai tuan rumah.

"Kami ucapkan terima kasih karena telah menunjuk provinsi riau sebagai tuan rumah desa asri nusantara" Ujar Syamsuar saat menyampaikan sambutanya.

Syamsuar juga berharap dengan agenda hari desa asri nusantara ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kepedulianya terhadap lingkungan.

"Semoga kesadaran masyarakat semakin meningkat terhadap lingkungan" Tutup syamsuar.

Sementara itu, Abdul Halim Mentri Desa Pembangunan Daerah dan Transmigrasi dalam sambutanya menyampaikan bahwa melalui acara Desa Asri Nusantara ini sesuai dengan yang termuat dalam SDGs desa yang kesebelas yaitu kawasan pemukiman aman dan nyaman.

"Hari ini langsung dilakukan penanaman pohon se - Indonesia  di 17 titik yang total jumlahnya sebanyak 8 juta pohon ini sesuai dengan SDGs desa yang termuat sebanyak 18 item" Ujar Abdul Halim.

Semantara itu Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa hampir satu dekade desa menjadi pusat pembangunan bangsa semenjak undang - undang desa dibuat sehingga kewenangan desa sangat luas terhadap pembangunan bangsa, salah satu mewujudkan iklim yang sehat melalui desa yang jumlahnya 6000 desa lebih se Indonesia.

"Perubahan iklim ujian bagi umat dibumi, oleh sebab itu saya mengapresiasi termasuk yang dibuat oleh kementerian desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi dengan menanam 8 juta pohon se Indonesia, semoga bisa menjadi salah satu opsi untuk menyelamatkan iklim diplanet bumi" Ungkap Ma'ruf Amin.

Harapan semua pihak, khususnya kementrian desa agar bisa berkomitmen dalam mewujudkan desa asri termasuk pemerintah desa, serta masyarakat untuk menjaga iklim bumi

"Menanam pohon sebagian dari iman"kata Ma'ruf Amin sambil menutup pidatonya. (RAP)

Berita Lainnya

Index