Meskipun Lapangan Becek, Tak Surutkan Antusias Warga Inhu Hadir di Pembukaan MTQ ke-52

Meskipun Lapangan Becek, Tak Surutkan Antusias Warga Inhu Hadir di Pembukaan MTQ ke-52
Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi, SE Lakukan Penandatanganan Prasasti Astaka Utama MTQ ke 52

INHU- Ribuan masyarakat Indragiri Hulu larut dalam kemeriahan pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-52 tingkat kabupaten di Kecamatan Rengat Barat, Selasa (14/3/2023) malam.

Meski lokasi MTQ becek akibat diguyur hujan sejak sore hingga petang, namun tidak menyurutkan antusias warga memadati areal Gor Sultan Mahmudsyah, Pematang Reba, yang menjadi lokasi penyelenggaraan.

MTQ tingkat kabupaten ke-52 tersebut resmi dibuka langsung oleh Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi.

Hadir juga Wakil Bupati Junaedi Rachmat, unsur forkopimda, para pejabat, camat serta tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat se Kabupaten Inhu.

Acara pembukaan malam itu turut dihadiri sejumlah tamu dari provinsi diantaranya Kakanwil Kemenag Riau, Ketua LPTQ Riau dan Ketua IPQAH Riau.

Rangkaian pembukaan dibuka dengan penampilan rebana dari BKMT Inhu dan dilanjutkan dengan defile kafilah.

Bupati Inhu Rezita Meylani mengatakan sebagai agenda tahunan pemerintah daerah, MTQ merupakan upaya untuk memahami arti, makna dan kandungan Al Qur'an sekaligus upaya melahirkan generasi yang berintelektual dan berakhlak qurani.

"Inilah menjadi bagian terpenting dari penyelenggaraan MTQ bahwa bukan hanya pembangunan fisik, pemerintah daerah tetap berkomitmen terhadap pembangunan bidang keagamaan," jelasnya.

Bupati juga mengapresiasi dukungan pemerintah desa dimana saat ini seluruh desa di Inhu telah dibentuk rumah tahfidz berikut honor bagi pengajarnya dengan anggaran bersumber dari APBDes.

Penghargaan juga disampaikan Rezita kepada pihak BUMN, BUMD dan perusahaan swasta yang turut berkontribusi guna menghadirkan kemeriahan dan kesuksesan MTQ ke-52.

"Karena, suksesnya kegiatan ini akan menjadi tolok ukur terkait kesiapan Inhu bertindak selaku tuan rumah MTQ Provinsi Riau beberapa bulan kedepan," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Rezita turut menerima simbolis jaminan sosial bagi 421 official dan kafilah MTQ dari BPJS Ketenagakerjaan, serta Kartu E Money dari BRK Syariah kepada pemerintah daerah.

Serangkaian pembukaan malam itu ditutup dengan penandatanganan prasasti Astaka Utama MTQ ke-52 oleh Bupati Rezita Meylani. (YFM).

Berita Lainnya

Index