Komunitas Rumah Belajar Inovatif dan Kelompok Nelayan Rohil Studi Budidaya Udang Galah di Kabupaten Pelalawan

Komunitas Rumah Belajar Inovatif dan Kelompok Nelayan Rohil Studi Budidaya Udang Galah di Kabupaten Pelalawan
Komunitas Rumah Belajar Inovatif dan Kelompok Nelayan Rohil Studi Budidaya Udang Galah di Kabupaten Pelalawan

Pangkalan Kerinci - Komunitas Rumah Belajar Inovatif Sintong Pusaka bersama Kelompok Nelayan Sungai Rokan Kabupaten Rokan Hilir didampingi oleh pendamping dari Cakra Consultant melakukan kunjungan belajar atau studi budidaya tambak udang air tawar di Balai Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pelalawan( 25/2/2023).

Ketua komunitas Rumah Belajar Inovatif, Wahyu Saputra, menyampaikan kami sangat berterimakasih kepada Bapak Bupati Pelalawan H. Zukri Misran melalui Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pak Ir. Syahrul karena telah mengizinkan kami dan masyarakat nelayan berkunjung belajar budidaya udang di Balai Perikanan Kabupaten Pelalawan.

Wahyu Saputra Ketua LPM, Aslianto Ketua BPK dan Kelompok Nelayan Darwan, Zulfahmi, Jufrizal, menyampaikan bahwa Ilmu budidaya udang air tawar ini sangat kami butuhkan untuk membudidayakan udang galah hasil tangkapan kami di Sungai Rokan yang potensinya mulai berkurang, agar udang itu tetap terjaga kelestariannya dan dapat meningkatkan kesejahteraan kami.

Muhammad Hasby, pendamping dari Cakra Consultant mengatakan, melalui kunjungan belajar ini, alhamdulillah kami berterimakasih sekali  karena teman-teman nelayan ini dapat melihat langsung praktek budidaya udang dan memahami bagaimana memulai usaha budidaya udang galah. 

"Mulai dari menyiapkan kolam tambak, bibit, pakan, dan peralatan yang dibutuhkan, serta memahami cara mengantisipasi dan mengatasi masalah yang mungkin timbul dalam membudidayakan udang galah. Selanjutnya, teman-teman nelayan ini juga perlu nantinya meminta pendampingan teknis dari dinas terkait agar usaha budidaya udang yang sedang dirintis ini dapat berhasil, karena dengan adanya kerjasama dan dukungan dari dinas terkait akan sangat membantu keberhasilan usaha teman-teman nelayan yang selama ini sebagai nelayan tangkap belajar menjadi nelayan budidaya", ungkapnya

Kadis Perikanan Pelalawan, Ir. Syahrul Syarif, saat dihubungi, beliau mengatakan, insyallah kita siap melayani informasi dan saling berbagi ilmu.

Syahrul, menerangkan, Insyaallah kita sudah siapkan Pak Rahmat Santosa Wijaya, S. Pi Sebagai Analisis Budidaya Perikanan (Teknis Tambak) Siap memberikan Kelimuannya dan Pengalamannya kepada Kelompok Nelayan dan Rumah Belajar Inovatif Sintong Pusaka. 

Rahmat, Analisis Budidaya Perikanan Pelalawan, menyampaikan permohonan maaf apabila ada layanan dan kekurangan penyampaian tanya jawab tentang Budi daya Udang. Saya mohon maaf kepada kelompok nelayan sungai Rokan dan rumah belajar inovatif Sintong Pusaka Rokan Hilir.

Berita Lainnya

Index